Monday, May 1, 2017

UK trip part 1 (London, Windsor, Oxford, Salisbury)

Day#1
Alhamdulillah, penerbangan garuda Jakarta-London on time dan tidak banyak goncangan, transit di changi 1jam-an. Nyampe bandara dijemput papi, ke apartemen naik Uber, biaya £40. Nyampe apartemen jam 9 Malam, apartemennya dekat pusat kota, lokasi di Camden high street dekat stasiun Mornington Crescent. Malam ini ngga bisa tidur, anak-anak juga sama (jetlag). Kalo aku sebenernya ngga bisa tidur karena anak-anak pada bangun, padahal capek banget.

Day#2
Tadinya mau bareng ama papi jalannya, eh papi tugasnya belum selesai jadi mau di apartment aja, nyelesain tugas, ya udah aku titip anak-anak aja. Aku jalan ama adikku dan keluarganya. Hari pertama ke icon utama London, Big Ben, London eye, Westminster abbey, St. James park, Buckingham palace (ini deketan semua jadi jalan kaki aja, pegel banget pastinya, di sekitar ini susah banget nyari toilet) dan oxford street (primark dan adidas) terus pulang deh. Awalnya naik tube, tapi kurang nyaman buat yg bawa anak/bayi, jadi kita lebih milih transportasi bus. Walaupun sudah akhir bulan April, tapi cuaca di London masih dingin banget. Hari ini mau belanja sepatu dan jaket malah ngga dapet apa-apa, mendahulukan belanjaan anak-anak dan souvenir/oleh-oleh aja. Di Primark dapet tax refund tapi cuma GBP1,5 :p selama di london pake oyster, naik bis GBP1,5 kalo tube GBP2,4.

Day#3
Papi ada kuliah, jadi anak-anak aku bawa jalan, ngga bawa stroller. Tujuan kita ke arsenal emirates stadium, dekat ama apartment. Di jalan menuju ke stadium, dapat musibah kamera adikku hilang ketinggalan di bis, akhirnya adik ipar ku nyari informasi dulu, sejam-an ngurusin itu akhirnya baru jalan lagi, eh ngga taunya tempatnya jauh banget, salah jalan mungkin ya, anak-anakku mulai rewel. Sempet digendong dua-duanya ama adik iparku, kalo aku udah ngga sanggup, bawa tas aja berat. Selesai di stadium rasanya pengen banget balik ke apartment tapi hp ku mati (belum ada internet maksudnya) jadi aku ngga bisa dapat petunjuk arah. Ya udahlah aku ngikut aja, rute selanjutnya tower bridge. Naik bis lagi, perjalanan cukup panjang sehingga membuat anak-anakku tertidur. ngga bawa stroller eh dua-duanya tidur, rasanya nelangsa banget. Akhirnya 1 stroller dipake 3 anak. Hari ini cuaca sungguh luar biasa, anginnya kencang dan super dingin, aku kasian ama anak-anak. Di stasiun dekat tower bridge kita istirahat, udah rasanya pengen pulang lagi, mau nekat, tapi batal untung anak-anak on lagi, jadi lanjut deh. Disini lewat HMS Belfast, trus tower of London dan tower bridge. Foto-foto aja, ngga ada yang dimasuki. Abis dari sini mau ke british museum, tapi sampe nyasar 3x, ya udah kita makan dulu di KFC dan langsung pulang. Asli pegel luar dalem.

Day#4
Legoland Windsor, sesuai permintaan baran. Tiket masuk £30 per orang. Ngga terlalu jauh dari London. Nyampe jam 11. Cuaca masih dingin juga, mana pake hujan lagi. Hari ini aku bawa stroller 1. Legoland Windsor cukup luas, pegel mak. Ngga terlalu rame, jadi antrian sedikit. Cukup puas kesini. Hampir semua wahana utama dinaikin. Kita sampe legoland tutup. Di stasiun windsor eaton kita mampir ke H&M, belanja pakaian dan sepatu, tapi yang kebagian baran dan alera donk, emaknya cuma dapet syal harga GBP3 (diskonan pula). Karena beli barang winter di musim spring jadi banyak diskonan deh up to 90% bahagia dong. Pulang deh, tetep aja nyampe apartemen magrib.

Day#5
Hari ini temanya masih anak-anak juga. Kami ke museum, natural history museum, V&A museum, british museum dan hamleys (toko mainan anak-anak) di regents street. Semua gratis masuknya, tapi pas natural history kita ngasih sumbangan terus dapet buku. Di sini juga makan di restorannya, tapi aku kurang cocok ama rasanya. Aku paling suka V&A museum, koleksinya bagus banget. Paling rame natural history museum. Paling cepet british museum karena anak-anak udah pada bete. Di Hamleys lumayan banyak habisnya £98, trus dapet tax refund cuma GBP8 haha.

Day#6
Hari ini anak-anak off dulu, maminya mau ikut tour. Adikku pengen lihat stonehenge, jadi aku ngikutin jadwal dia. Anak-anak ama papinya, kebetulan papinya udah ke stonehenge. Aku ikut evan evans tour yang paketnya ke stonehenge, windsor dan oxfor (do it your self) harga Rp750.000, itu belum termasuk tiket masuk. Mulai tour jam 9, dari victoria coach station, nyampenya mepet bo', bikin sport jantung aja. Pertama ke windsor dulu, tiket ke castle GBP20, ngga ikut masuk, eman-eman. Lihat guard changing aja, kurang lebih di windsor 2 jam, beli makan siang sekalian, aku beli thai food harga GBP5,5 enak juga rasanya. Setelah dari windsor ke stonehenge, perjalanan cukup panjang, lupa nyampe jam berapa, disini kurang lebih 1,5 jam. Tiket masuk GBP18, kalo ini harus beli kalo ngga nga bisa foto-foto ^__^ tapi sebenernya sayang banget lihat batu doang harga segitu huhu. Trus mampir ke shopnya, aku sih ngga beli apa-apa eman-eman hehe. Lanjut ke oxford, udah agak sore nih. Disini tour tempat syutingnya harry potter bodleian library. Di oxford sekitar 1,5 jam juga. Aku cuma beli souvenir seharga GBP12 (2 biji) ama hot chocolate. Perjalanan pulang ke London. Nyampe London sekitar jam 8, pulang deh ke Camden. Di apartemen beres-beres barang buat besok.

Day#7
Setelah packing-an beres, main ke Regents park, deket cuma jalan kaki doang, sebenernya pengen ke Camden Market tapi apa daya waktu terbatas. Regents park bagus dan luas. Setelah dari taman pulang ke Apartemen, jam 11 check out. Adikku jam setengah 11 ke Bandara dia lanjut ke santorini. Kami ke euston station, jaraknya kurang lebih 1 Km dari Apartemen. Aku bawa koper kecil ama nyetroller alera sedangkan papi bawa koper gede ama nyetroller baran. Lumayan pegel, demi berhemat haha. Jam 1-an berangkat be Birmingham dengan Virgin Train (biaya GBP20 untuk berempat). Jam 3 nyampe Birmingham, trus naik uber lagi. Alhamdulillah rumah ^__^