Thursday, January 29, 2015

Seputar Sulawesi Tengah

Aloha..
Lama sekali tidak ber-blog-ria, maklum setelah buka online shop sibuk ber-wordpress-ria :D belum lagi kesibukan di kantor dan di rumah (baca BSD)
Mau berbagi cerita seputar Sulawesi Tengah (Sulteng), Alhamdulillah berkerja di tempat yang punya kesempatan keling Sulteng. Kita mulai aja ya
1. Kabupaten Banggai
Ibu kota Luwuk, kota teramai kedua setelah Palu. Sudah ada KFC, KTV Happy Puppy dan NAV. Perjalanan dari Palu ke Luwuk ditempuh dengan pesawat kurang lebih 45 menit. Hotel yang paling bagus Aston, pengalaman menginap di Hotel Karaton (cukup nyaman), Hotel Aston (nyaman) dan Hotel Permai (kurang nyaman).
Tempat makan cukup banyak pilihan, ada ikan bakar, konro, masakan jawa, chinese food, dsb. Baru sempet main ke bukit kasih sayang (puncak keles).
>>Update November 2014<<





>>Update November 2015<<
Dateng lagi ke luwuk bulan November 2015, nginep di Hotel Istana (nyaman). Tugas kali ini masih sempet jalan-jalan di Luwuk, sekarang udah ada karaoke inul vizta, hotel aston berganti nama jadi estrella. Sempet snorkling di pantai kilo lima, bagus karangnya, dekat ama pantai.
Kerja sekalian jalan-jalan, mampir ke pulau dua balantak. Subhanallah indahnya, bagi pecinta snorkling wajib masukin ke list nih. Mampir juga ke bualemo, ada pantai pasir puti yang panjang banget. Bualemo ini baru masuk listrik bulan Agustus 2015, itupun belum 24 jam. Selain itu mampir ke air terjun salodik dan padang rumput desa lenyek.











2. Kabupaten Parigi Moutong
Ibu kota Parigi, perjalanan dari Palu ke Parigi kurang lebih dua jam, medan berkelok-kelok. Menginap di Hotel Grand Mitra, lumayan aja hotelnya. Ga sempet kemana-mana soalnya cuma sebentar. Pilihan makanan tidak terlalu banyak. 
3. Kabupaten Buol
Ibu kota Buol, perjalanan naik pesawat dari Palu ke Tolitoli, terus lanjut naik mobil kurang lebih empat jam, jalan sudah baik tetapi medan cukup memabukkan karena sangat berliku. Menginap di Hotel IM3, menurutku cukup nyaman. Pilihan makanan tidak terlalu banyak. Objek wisata baru sempet ke batu mandi, batu susun, air terjun dan pantai di ..... kalau mau ke Jakarta juga bisa via Gorontalo, perjalanan kurang lebih enam jam, jalan sudah bagus.
4. Kabupaten Banggai Kepulauan
Ibu kota Salakan, perjalanan naik pesawat dari Palu ke Luwuk (via Makassar), sengaja lewat Makassar biar bisa ngejar jadwal kapal cepat. Kapal cepat Luwuk ke Salakan cuma 1,5 jam. Berangkat jam 13.00 wita. Harga tiket 150.000. Kotanya sepi, bank baru ada BRI dan BPD. Menginap di Hotel Bharata, sebenernya ga masuk kategori hotel sih, tapi cukup bersih dan strategis (dekat pelabuhan). Sempet kedua pantai, pantai Tebeabul di pulau bakalan (harus nyewa kapal karena menyeberang) dan pantai teduang (letaknya tidak jauh dari kota), selain itu mampir juga ke tugu trikora.





>>Update November 2015<<
Main lagi ke Salakan Bangkep, nengok suami yang lagi tugas. main ke pantai tebeabul lagi, kali ini nyebur, snorkling lagi didampingi suami, bagus juga karangnya.





Untuk sementara baru empat kota, selanjutnya menjelajah Morowali.

No comments:

Post a Comment

Publikasi