Thursday, January 6, 2022

Kuliah S2 di UI

Nah aku mau cerita gimana rasanya kuliah di UI 😆😆 Uang kuliahnya lumayan sih menurut aku, pertama kali bayar Rp28 juta (Uang Muka Rp12 Juta dan SPP Rp16 Juta). Aku belum pernah ke kampus Salemba sama sekali (kalo yang di Depok pernah gara-gara tes Toefl Beasiswa Bappenas). Aku juga belum ambil jaket almamater UI atau biasa disebut jakun. 

Kuliah pembekalan mulai 16 Agustus, selama 2 minggu, jadwal padat pagi-sore, tapi sering dipadetin lagi, ngga ada ujian. Kuliah semester 1 mulai 6 September, semester 1 ini udah di-set sama fakultas ambilnya apa aja, dikasih  6 mata kuliah 15 SKS. Senin ngga ada mata kuliah, tapi karena mikro itu 4 SKS jadi harus ada kuliah tambahan. Tugas kuliahnya jangan ditanya deh banyak dan lumayan sulit (mungkin karena bahasa inggrisku pas-pasan ya, sumbernya kan mayoritas dari jurnal), 4 mata kuliah ada kegiatan presentasinya semua. Kalo yang 1 SKS cuma 5/6 pertemuan saja (ada 2 mata kuliah). Aku lumayan grogi nih kuliah di UI, takut ngga bisa ngikutin, tapi pas keluar hasil modul 1 Mikro aku jadi lumayan percaya diri, nilaiku tertinggi ke-3 di kelas, walau harus belajar mati-matian ya. Nilaiku sempet jeblok juga di modul 3 cuma dapat 57,5 ya itu karena kurang belajar, anak-anak lagi UAS. Ini hasil nilai semester 1, di atas harapanku pastinya, aku cuma nargetin IP 3,sedikit eh dapat 3,8. Nilaiku yang "pas-pasan" makro ya sesuailah, sampe kebawa-bawa mimpi. Semester 2 rencana aku mau ambil 14 SKS, ngikutin sequencing kampus. Ngga kerasa lho tahu-tahu udah beres semester 1. Oke sekian laporannya, nanti ketemu lagi pas tugas akhir ya hihi, semoga lancar, tetap semangat.



No comments:

Post a Comment

Publikasi