Saturday, February 4, 2017

Pernak pernik visa UK


Postingan visa UK sudah banyak sekali, ini versi aku ya.
  1. Bikin pas foto, di Surya Photo Studio BSD, ternyata sudah ngga diperluin lagi.
  2. Bikin surat-suratan, dari kantor, suami, orang tua anak. Surat dan dokumen yang dilampirkan banyak banget, biar meyakinkan. 
  3. Bikin referensi Bank, aku bikin di BNI, biaya Rp200.000,00 dan cetak rekening koran biaya Rp2.000,00 per lembar.
  4. Translate Akta lahir, Kartu Keluarga, KTP, dsb di http://indojasapenerjemah.com/ biaya Rp50.000,00 per lembar
  5. Ngisi aplikasi visa, biaya USD110. Ngisi aplikasi paling menyita energi, harus extra hati-hati. Tadinya mau pake agen cuma kata adikku ngga usah, sayang uangnya. Kami ngisinya barengan tapi tetep aja salah-salah :D
  6. Datang ke VFS Global Kunigan City tanggal 7 Februari 2017 janjian jam 8.45, nyampe sana jam 7, orang kedua yang datang hehe. Baru boleh masuk 5 menit sebelum janjian. Tahap 1 dokumen kita disekat-sekat, tahap 2 dokumen kita di scan. Cek dokumennya barengan di beda counter. Aku pake layanan SMS biaya 25ribu per orang. Trus foto biometrik. Cepet banget pelayanannya dan ramah tapi kalo ditanya jawabannya diplomatis semua. 
  7. Visa selesai di proses, tanggal 16 Februari (malam) dapet email paspor sudah bisa diambil, aku tungguin sms sampe tgl 17 Februari (siang) ngga ada kabar. Berhubung udah dapet email, pergi aja deh buat ngambil, sungguh penasaran abis karena denger-denger kalo anak jenis visanya harus child, sedangkan aku pilih yang tourist. Banyak-banyak doa dan sudah ikhlas juga apapun yang terjadi itu yang terbaik. Nyampe VFS jam 1 siang, nunggu agak lama (kurleb 1 jam), akhirnya dipanggil, untuk anak harus bawa copyan akta/KK. Dapet 3 bungkus paspor, disuruh cek dulu. Aku buka pertama kali punyaku, alhamdulillah dapet, terus anak-anak, ya Allah dapet juga, sungguh terharu huhu.. Jam 14.00 baru deh dapet SMS dari VFS bahwa paspor udah bisa diambil (lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan).
  8. Masa berlaku visa 6 bulan sejak diterbitkan, jadi kalau mau tinggal 4-5 bulan di UK, ngajuin aplikasi jangan terlalu cepat ya.
Sekian postinganku tentang visa UK, singkat kan :D

No comments:

Post a Comment

Publikasi