Saturday, August 12, 2023

Renovasi rumah tahap 3

Assalamualaikum, kali ini mau share pengalaman renovasi rumah ya. Sebenernya ini udah tahap ketiga ya, yang sebelumnya tukangnya ngga bagus (bocor sana sini, retak sana sini), untung murah haha (tapi jangan ditiru ya gaes). Tahap 1 kami bangun garasi tapi didak, lumayan lebar daknya karena buat dua mobil, kami ngga ngungsi karena di bagian depan saja, renovasi ini tahun 2019, kenapa renovasi karena mobilnya (jadi) dua, daripada ganggu bahu jalan karena parkir diluar jadi kuputuskan renovasi deh. Tahap 2 sebenernya aku belum mau renovasi, karena baru aja lunas tagihan renovasi tahap 1, masa udah mau ngutang lagi. Tapi karena kamarku itu udah bocor, dan kuatir ambruk karena sebagian masih rangka kayu, sebagian sudah didak, ya sudah dengan berat hati renovasi lagi di tahun 2020, pas banget mulainya awal Covid. Jadi renovasi kali ini nambah kamar tidur 2 (awalnya kamar pembantu trus dijebol), kamar mandi 1 (awalnya kamar mandi pembantu trus dijebol). Kami juga ngga pindah, karena renovasinya bagian samping. Selanjutnya tahap 3 tahun 2022, rumahku itu sebenernya harus direnovasi karena rangka atapnya masih kayu, suami nyaranin renovasi dulu baru beli rumah, tapi aku pikir masih bisa bertahan, akhirnya kan beli rumah dulu tuh buat investasi. Dan ngga lama setelah itu (akhir bulan maret) tiba-tiba plafon rumahku jatuh, sekitar 18m2, rumah tamu dan gudang atas. Alhamdulillah ngga kena siapa-siapa, serem banget ya Alloh.



Habis kejadian itu, mikir mau gimana nih, apa ganti plafon aja, tapi buang-buang uang toh ujung-ujungnya harus diperbaiki sampe akar masalah. Mana genteng dan atap di ruang tamu juga udah pernah ambruk di tahun 2017 (tapi diperbaiki seadanya aja). Memang udah waktunya ganti baja ringan untuk atap, tapi uangnya kan udah habis buat DP rumah 😔 akhirnya coba lihat hitung-hitungannya dulu, udah bandingin ama 2 tukang yang lain harganya di atas ini, kisaran 300 juta, aduh ngga kuku deh. 



Karena emang uangnya belum ada, ya udah rencana nabung dulu. Akhirnya pada bulan Agustus, mamaku mendesak segera deh renovasi, soalnya takut bahaya, mana kucing keluar masuk seenaknya dari genteng. Mamaku awalnya ngotot mau tetap tinggal disini, tapi ngga mungkin, akhirnya kita sewa rumah tetangga, aku emang maunya yang dekat, dapet yang 1 jalan. Sewa 3 bulan seharga Rp10,5 juta, rumahnya udah full furnish jadi bawaan kita ke sana ngga banyak, tapi tetep aja pegel mak, packing buku, baju, alat dapur makan, jajanan. cuma 3 hari efektif pindahannya. Mulai sewanya pertengahan agustus s.d. pertengahan nov.
Harga di atas belum termasuk jasa ngecat ya, rinciannya di bawah ini. Untuk cat aku beli sendiri, pakenya nippon paint, ada undian berhadiah juga, aku dapet payung. Yang milih warna catnya papi. Buat yang bingung mau ngecat warna apa Nippon paint ada semacam service gratis memberikan rekomendasi warna cat, syaratnya cuma beli nippon paint aja. Aku dapat sarung, lumayan kan.



Akhirnya pekerjaan selesai awal November, alhamdulillah tepat waktu, pekerjaan juga cukup rapih, harga bersaing. Sekian dulu sharingnya, byeee.

No comments:

Post a Comment

Publikasi